Latest News

Keutamaan Surat Al Waqi'ah - Kajian

Gambar: Al Qur'an
Keajaiban surah al waqi'ah. surah al waqi'ah ialah surah yang diturunkan di kota makkah al mukarromah, surat al waqi'ah terdiri dari 96 ayat yang banyak mengandung hikmah. surah al waqiah diturunkan setelah surah Ta Ha, didalamnya mengandung beberpa penjelasan  yang terkait dengan dibawah ini :

Menjelaskan duduk perkara kiamat, menjelaskan akibat yang diterima oleh orang mukmin dan orang kafir, dan wacana asal muasal diciptakannya manusia.

Surah al waqiah dikenal surah yang memiliki keberkahan, yakni keberkahan yang bisa melenyapkan kemiskinan. mendatangkan rezki bagi orang yang istiqomah membacanya.
Sabda rosulullah s.a.w: " siapa yang membaca surah Al-waqiah setiap hari, maka ia tidak akan ditimpa kekafiran."
Kemudian hadist yang lain : "Ajarkanlah surah Al-waqiah  kepada istrimu. sebab bahwasanya ia yaitu surah kekayaan."

Maka dari itu aneka macam keutmaan surah al waqiah, mari kita melaksanakan kesunnahan kesunnahan yang telah anjurkan oleh nabi, maka pasti kita akan dimudah dalam segala urusannya. Amiin

Apa manfaat membaca surah al waqiah? Membaca surah al waqiah aneka macam manfaatnya dibawah ini yaitu sebagian dari manfaat manfaanya.
Bagi siapa saja yang membaca dan dijadikan wiridan maka akan diberikan kesenangan dan fasilitas selamanya oleh allah.
Barang siapa yang membaca surah al waqiah selama 40 hari dan 40 malam maka selama itu pula rejeki akan mengalir dari segala penjuru.
Untuk menerima rejeki yang banyak dari allah maka bisa dengan melaksanakan amalan berpuasa satu ahad dan dimulai dari hari jumat. Saat setelah final sholat fardhu bacalah surah al waqiah sebanyak 25 kali fainsyaallah rezki anda akan mengalir lancar.
Dan masih banyak yang lainnya. Namun yang terpenting ialah keistiqomahan sekalipun hanya sedikit selama istiqomah maka keistiqomahan tadi akan menyerah yang membaca beribu-ribu tidak istiqomah.

Tentunya bagi yang lagi memiliki banyak kebutuhan dan rezkinya yang masih disempitkan oleh allah maka bacalah surah al waqiah sebagai pembuka jalannya rezki. Namun jangan lupa pula giat dalam menggapai rezki allaj dalam arti mencari kasab/bekerja, bekerja wajib hukumnya bagi orang sudah memiliki keluarga.

Pastinya kalau tidak diimbangi dengan bekerja pula, kita amat bohong ketika mengharap rezki yang datang sendiri tanpa perantara. Berdoalah sebab tidak ada daerah mengeluh yang akan menentramkan fikiran dan memberi jalan keluar kecuali padanya.

Dalam hadist nabi : Barang siapa yang membaca surah al waqiah maka beliau akan dicatat tidak tergolong pada orang-orang yang lalai.
Maka terang pulalah kasih sayang allah pada hambanya, untuk membaca surah al waqiah  sebagai lantaran tidak dijauhkan dari kelalaian dan dijauhkan dari pikun.

Hadist lain yang terkait: Barang siapa yang membaca surah al waqiah sebelum tidur, maka ia akan bertemu dengan allah dengan keadaan wajahnya menyerupai bulan  bulan purnama.
Siapakah yang tidak ingin bertwmu dengan yang kuasa dalam keadaan yang amat bersih, didunia ini saja ketika hendak bertemu sobat pastinya akan berdandan dulu sedemikian rupa. Bertemu allah seharusnya lebih dari itu tidak terbalik.

Semoga dengan mengetahui keutmaan dan manfaat membaca surah al waqiah kita bisa mengamalkan setidaknya sehari sekali, dan bisa lebih amiin, agar allah menunjukkan waktu yang barokah untuk kita semua dan bisa menyempatkan dan menghalang kemalasan yang ada dalam diri kita. Aamiin.

Keutamaan Surat Al Waqi'ah - Kajian
Psikologi ID