Latest News

Beberapa Keutamaan Mengerjakan Shalat Tahajjud Dengan Istiqomah.

Siapa yang tidak pernah dengar dan tidak mau mendapat kemulyaan dari allah swt. Karena ibadahnya yang istiqomah, pastinya semua orang ingin mendapat kemulyaan dari allah swt baik dunia maupun diakhirat nanti, pastinya banyak ibadah selain ibadah wajib yang dianjurkan oleh allh swt menyerupai sholat tahajjud yang sudah banyak dilakukan oleh para ulama dan orang muslim lainnya.

Beberapa proposal yang dijelaskan dalam hadist sudah merata dan tidak gila lagi disebagian orang muslim, namun pernahkah terbesit wacana keutamaan yang dimiliki surah tahajjud sendiri ? Pastinya ini banyak yang belum mengetahuinya bukan, mungkin dengan mengetahui keutamaannya, ibadah dan semngat kita kembali untuk hidup selalu meminta pertolongan dan diselamatkan oleh allah baik dunia maupun diakhirat.

Dalam al-qur'an wacana proposal melaksanakan sholat tahajjud :

وذكر اسم ربك بكرة واصيلا ومن اليل فاسجد له وسبحه ليلا طويلا

Artinya: sebutlah nama Rab-mu pada waktu pagi dan petang, dan pada sebagian dari malam bersujudlah dan bertasbihlah, pada bab yang panjang dimalam hari. ( Al-insaan : 76 ).

واصبر لحكم ربك فانك باعيننا وسبح بحمد ربك حين حين تقوم ومن اليل فسبحه وادبار النجوم

Artinya: Dan bersabarlah dalam menunggu ketatapan Rabmu, maka bahwasanya kau berada dalampenglihatan kami, dan bertasbihlah dengan memuji Rabmu ketika ketika kau berdiri berdiri, dan bertasbihlah kepadanya pada beberpa dikala dimalam hari dan diwaktu terbenamnya bintang-bintang. ( At-thuur, 48-49 ).

Dari proposal allah kepadanya nabinya diatas sungguh betapa mulyanya malam hari, banyak keutamaan keutamaan yang allah tunjukkan pada ummatnya namun ummatnya yang sering lupa padanya.

Mari kita baca sejenak beberapa keutamaan keutamaan sholat tahajjud agar lebih khusu' pada dikala melaksanakannya.

1. Mendapat syurga allah.
Tertera dalam hadist yang diterangkan oleh nabi muhammad, barang siapa yang melaksanakan sholat tahajjud maka syurgalah untuknya. Syurga juga keinginan setiap insan baik beragama islam maupun yang lain, kecuali orang yang tidak memiliki agama maka tidaklah ia memiliki satu keyakinan untuk menerima syurganya allah swt.

2. Akan dikabulkan hajatnya
Seseorang yang melaksanakan sholat tahajjud hingga akan masuk waktu shubuh maka ia akan dikabulkan semua doa'doanya.
Dalam hadist lain sebagaimana berikut:

Sesungguhnya pada malam hari ada dua dikala ( waktu ) tidaklah seorang muslim memohon kepada allah, kebaikan dari urusan dunia dan akhirat, bertepatan dengan dikala tersebut, melainkan ia memperlihatkan permohonan dan hal tersebut pada setiap malam . (HR. Bukhori dan muslim ).

3. Mendekatkan diri pada allah.
Mendekatkkan diri pada allah ialah suatu bentuk komunikasi antara makhluq dengan tuhannya, dimana pada itu pula mereka akan mencicipi ketenangan baik melawan hawa nafsu, maupun kesulitan dalam dunia alasannya ialah allah menjanjikan kepada mereka yang senang beribadah malam dan mengabulkannya.

4. Tergolong orang terpuji.
Dalam suatu hadist diterangkan bahwa orang yang sholat malam sholat tahajjud, isya allah akan diangkat derajatnya oleh allah dan digolongkan pada sebagian orang orang yang terpuji, baik didunia maupun di alam abadi kelak, siapa yang tidak menginginkan hal itu, pasti setiap insan menginginkan menjadi orang yang terpuji dimata insan dan dihadapan allah swt.

5. Di jauhkan dari gangguan syaithon.
Manusia setiap dikala tidur diganggu oleh syaithon yang terkutuk dengan beberpa gangguan, dalam hadist menyatakan :

Syaithan mengikat ujung kepala dan tengkuk seseorang diantaramu pada dikala tidur dengan tiga ikatan, pada setiap ikatan syaithan berkata ; malam masih panjang atau lama, maka tidurlah !!, bila seseorang diantaramu itu berdiri kemudian berdzikir pada allah swt, maka lepaslah satu ikatan, bila ia berwudlu maka lepaslah satu ikatan lagi, dan apabila ia sholat, maka lepaslah semua ikatan itu, sehingga ia memasuki pagi dengan kesejukan dan ketenangan. Kalau ikatan-ikatan syaithan itu tidak terlepas, maka ia akan memasuki pagi dengan jiwa yang tidak hening dan pemalas. ( diriwayatkan oleh bubuk khurairah ).

Itulah beberapa keutamaan - keutamaan yang dapat dijelaskan semoga dengan mengetahuinya dapat menambah kekhusyu'an kita dalam beribadah baik sunnah maupun ibadah wajib, maka bila anda faham alangkah baiknya ilmu yang didapat untuk disalurkan kepada yang lain semoga pahala yang kita dapat, terus tersambung hingga kelak menjadi jaminan diakhirat. aamiin.

Beberapa Keutamaan Mengerjakan Shalat Tahajjud Dengan Istiqomah.