Latest News

Ini Keutamaan Membaca Surah Al-Mulk Tabaarok - Yuk Baca

Gambar: Al Qur'an al kariim
Sebenarnya penjelasan ini sudah melebar luas tidak hanya dari kalangan santri kepada masyarakat tetapi juga tetapi   juga sudah banyak para penulis dan pakar ilmu Agama yang menjelasakan wacana keutamaan-keutamaan dan manfaat membaca surah al-mulk, yakni surah yang berada pada awal  juzz 29, berada pada urutan surah nomer ke  67 dan tergolong surat makiyah, surah yang diturunkan dikota mekkah.

Dalam surah al mulk terdapat beberpa penjelasan yang pertanda wacana kekuasaan allh, mulai dari menciptakan bumi yang kosong hingga pada adanya makluk yang berpenghuni didalamnya, allah berhak mematikan dan menghidupkan sesuai kehendaknya, bahkan menjelaskan beberapa kesempurnaan bumi yang tidada celanya.

siapakah yang tidak dengar wacana keistimewaan surah Al- mulk, dan pastinya banyak dikalangan pesantren yang telah menjalankan rutinitas itu, yakni membaca surah Al-mulk pada waktu setelah selesai sholat isyak, surah yasin pada waktu selesai sholat shubuh dn mahgrib, dan Ar-rahman yang di laksankan setelah sholat dhuhur. hal itu pernah saya temukan disalah satu pondok besar dan masuk kategori Pondok Pesantren tertua, yakni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum, Ganjaran, Gondanglegi Malang.

Beberpa keutamaan al-mulk sungguh tampak bagi orang yang nrimo dan istiqomah dalam amaliyahnya, dengan tujuan taqorrub ilallah. Tiada lain dari pada itu, mengharap pada allah bukan pada yang lain. Tak lain sebagaimna keutamaan al-mulk berikut ini:

1. Hadist nabi muhammad saw:

.سورة من القرأ ثلاثون تشفع لصحبها تبارك الذي بيده الملك وفي رواية  فاخرجته من النار واخلته الجنه

Artinya: satu surah dalam al quran ( yang terdiri dari ) tiga puluh ayat ( di hari selesai zaman ) akan memberi syafaat bagi orang yang selalu membacanya, sehingga allah mengampuninya, yaitu surah al-mulk, maha suci allah yang ditangannyalah kekuasaan/ kerajaan, dan beliau maha kuasa atas segala sesuatu, dalam riwayat lain: ... Sehingga dikeluarkan beliau dari nerak dan dimasukkan kedalam syurga. 

Diatas menyebut siapa yang membaca surah al-mulk maka beliau akan diampuni oleh allah dosa-dosanya, dikeluarkan dari neraka allah yang pedih, dan dimasukkan kedalam syurga allah yang paling indah. 

2. Di jauhkan dari maksiat.
Didalam surah al-mulk, bahwasannya dijelaskan barang siapa yang takut pada allah, beliau akan tetap taat sekalipun tidak ada yang tau, maka dari itu orang yang bertaqwa taat pada allah maka beliau tidak akan lengah dalam menjaga amaliyahnya.

3.  Menjadikan sebagai orang yang bertawakkal.
Dalam surah al-mulk juga menyebutkan bahwa orang yang tawakkal yaitu orang yang bekerja, berdagang dll jadi yang dimaksudkan tawakkal yaitu orang bekerja pekerjaan yang halal. Tidak hanya berserah diri kepada allah saja.

Memebaca surah al-mulk dapat dilakukan kapan saja, namun yang paling dinjurkan yaitu ittiba' dan mengikuti lelampah nabi yakni sebelum tidur, dan dianjurkan untuk berdzikir pada allah sebelum hendak tidur malam.

Semoga dengan kita mengetahui sedikit cuplikan wacana surah al-mulk, kita dapat memetik manfaat.

Dapat melaksanakannya sekalipun tidak setiap hari namun sesempat kita, dimana waktu tidak terbuang sia-sia, jadi mulailah dari sekarang untuk mengisi waktu longgar dengan membaca surah al-mulk, selalu meningkatkannya kualitas ibadah kita, segala yang berbau kebaikan pasti sukar diawal, namun jikalau sudah kita ni'mati buahnya fainsya allah kita akan mencicipi ni'matnya membaca surah al-mulk.