Latest News

Pengertian Intelegensi yang Dimiliki oleh Manusia | Psikologi


Pengertian intelegensi manusia. kita sering pastinya mendengar istilah telegensi, intelegensi tak lain merupakan kata lain dari kecerdasan. seseorang dengan orang yang lain, pastinya memiliki intelegensi yang berbeda-beda  seperti teladan :
  
Seorang montir dengan guru pastinya dalam soal intelegensinya berbeda-beda, kalau dijelaskan intelegensi seorang montir biasasanya ia menguasai pada permasalahan kendaraan. tetapi seorang guru belum tentu ia mahir dalam bidang itu, begitu juga sebaliknya, montir tidak mengerti perihal cara mendidik anak yang sudah dikuasai oleh guru.

Dari teladan diatas dapat kita simpulkan bahwa, intelegensi yang dimiliki insan dengan insan yang lain memiliki perbedaan-perbedaan.
Dan permasalhan yang ketika ini terjadi yaitu seseorang menganggap seseorang itu arif dinilai dari IQ-nya yang tinggi. padahal IQ bukanlah tolak ukur untuk menentukan seseorang dikatan arif atau tidaknya. IQ hanyalah nilai yang didapat dari tes intelegensi. untuk menentukan intelegensi sendiri sangat sulit untuk didefinisikan.

Biasanya tes intelegensi mencakup beberapa aspek,Salah satunya menyerupai berikut ini : 
menyerupai ketika melihat kemampuan Verbal.
pemecahan masalah.
dan kemampuan lainnya. 

Berdasarkan sebuah pemahaman bisa dikatakan bahwa intelek yaitu daya atau potensi untuk memahami sesuatu. sedangkan intelegensi merupakan kegiatan atau perilaku sebagai perwujudan dari daya atau potensi tersebut.

Sebagian pakar, ada yang berpendapat bahwa intelegensi sebagai kemampuan untuk berfikir secara abstrak. menurut Calvin intelegensi yaitu pengetahuan. jadi intelgensi tidak semerta-merta dapat dikaitkan dengan IQ, tetapi juga bagaimna seseorang dapat memecahkan suatu persoalan atau disebut juga Problem solving.

Disini tidak hanya IQ saja yang berperan  dalam kecerdasan, emosipun juga dibutuhkan dan lebih lagi kretivitas. lalu bagaimana seseorang atau kita menyikapi suatu permasalahan, untuk memperoleh pengertian yang lebih luas dan lebih terperinci perihal integensi maka dari itu, saya akan menulis beberapa pendapat para ahli. Beberapa pendapat mengenai intelegensi menurut para ahli. 

Menurut Alfred Bined, seorang tokoh yang mempelopori  dalam menyusun test intelegensi, yakni test yang terkenal dengan sebutan " stanford binet ". menurut Alfret intelegensi mempunyai tiga aspek kemampuan, yang mana kemampuan tersebut yaitu : Direction atau disebut kemampuan untuk memusatkankan pada suatu persoalan yang harus dipecahkan.

Sebenarnya yang dimaksud, yaitu  memfokuskan terhadap persoalan yang sedang dihadapinya. Adaptation yaitu kemampuan menyesuaikan diri dengan masalah. yang terakhir yaitu kemampuan untuk mengeluarkan kritik terhadap masalah.
Edward torndike. intelegensi  adalah kemampuan individu untuk memperlihatkan respons yang sempurna terhadap stimulus yang diterimanya. misal, seorang guru menyuruh muridnya untuk mngerjakan peran dan apabila muridnya mengerjakan itu merupakan respons yang tepat.

mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan persoalan intelegensi dan pengertiannya, semoga dapat mempermudah bagi yang ingin berguru psikology. dan mengharap doanya semoga bisa memposting lagi hal yang bermakna untuk anda.