Latest News

Surah Dalam Al-Qur'an yang Banyak Keutamaan serta Manfaatnya

|Alhamdulillah, berjumpa kembali dengan goresan pena saya. Sahabat sekalian yang istiqomah membaca al-qur'an siapa yang tidak ingin mengetahui keutamaan dan manfaat beberapa surah dalam al qur'an untuk menambah ke khusu'an hati kita dalam mengamalkan ibadah sunnah, semuanya pasti ingin menambahnya kan? bagaimana caranya?

Kami akan kupas sedikit mengenai beberapa surah yang banyak keutamaannya dan banyak di amalkan oleh kalangan pondok pesantren di sluruh plosok nusantara.

Memang sebetulnya semua surah di dalam al-qur'an memiliki keutamaan dan manfaat tersendiri namun pasti dari semua surat dalam al-quran memiliki banyak keutamaan dan manfaat, bagi kehidupan dunia maupun kelak di darul abadi yang akan menyelamatkan kita.

Maka dari itu saya ingin menulis mengenai surah surah yang popular dan sering dibaca dikalangan umum baik para ulama' dan para santri di indonesia.

Surah-surah yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan yang popular yang di amalkan di kalangan pesantren maupun pribadi.

1. Surah Al fatihah.
surah al-fatiha merupakan surat yang awal yang berada pada permulaan dalam al qur'an, siapa yang tidak hafal dengan surah al fatihah, alasannya yaitu surah al-fatihah merupakan surah yang menjadi bacaan wajib dalam pelaksanaan sholat, tanpa membaca al fatihah maka sholat seseorang tidak sah. 

surat al fatihah aneka macam manfaat dan keutamaannya salah satu keutamaan dari surah al fatihah ialah: dimudahkan segala urasan yang bersefat duniawi. dan banyak lagi keutamaan dan manfaatnya.


2.Surah yasin. 
Surah yasin yaitu salah satu surah yang sangat di anjurkan untuk dibaca, terutama dimalam jum'at yakni hari atau malam yang memiliki keutamaan dibanding hari lainnya. Banyak sekali keutamaan dan manfaat membaca surah yasin. Selain memang alasannya yaitu memiliki esensi yang dapat diterapkan dalam kehidupan dunia juga nanti akan datang terhadap kita semua di akhirat. 


3. Surah al waqi'ah.
Surah ini sudah dan paling sering dibuat amalan sehari-hari dengan istiqomah di banyak kalangan pesantren diseluruh plosok nusantara.
Bahkan tidak hanya dari kalangan pesantren namun banyak yang mengamalkan surah al waqi'ah diberikan kelancaran oleh Tuhan dari segenap penjuru.
Dan tidak hanya itu surah al waqiah memiliki banyak manfaat dan keutamaan bagi yang membaca.

4. Surah ar rahman
Surah ar rahman ini merupakan surah juga banyak dijadikan amalan oleh banyak kalangan pesantren biasanya surah ar rahman dibaca ba'da sholat dhuhur baik secara berjamaah maupun sendiri-sendiri.

Juga merupakan surah yang memiliki banyak keutamaan keutamaan dan manfaat bagi yang membaca yang membaca al qur'an memang pada asalnya sunnah maka dengan kita mengetahui beberapa keutamaannya kita akan lebih khusu' ketika membacanya.


5. Surah al mulk / tabarak.

Biasanya pembacaan surah al mulk dilakukan setelah ba'da isyak dengan berjamaah dikalangan pondok pesantren, alasannya yaitu didalam surah al mulk aneka macam keutamaan yang menggubah jiwa dan kutamaan dan manfaatnya.

Hadist nabi perihal di anujurkannya membaca surah al mulk.

Telah menceritakan kepada kami Huraim bin Mis’ar At Tirmidzi telah menceritakan kepada kami Al Fadhl bin Iyadh dari Laits dari Abu Az Zubair dari Jabir bahwa,
 “Tidaklah Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidur sampai ia membaca Alif laam miim tanzil (surat As Sajdah) dan Tabarokalladzi bi yadihil mulk (Surat Al Mulk) ( HR At Tirmidzi).


6. Surah Al kahfi
Beberapa pembahasan yang ada dalam surah al kahfi merupakan pembahasan yang perlu diketahui oleh sahabat sekalian yang ingin mempelajarinya, pembahasan salah satunya ialah "ashabul kahfi" seseorang yang tertidur dalam goa kurang lebih 315 tahun yang di temani oleh se ekor anjing.

selain itu banyak keutamaan-keutamaan dan manfaat surah al kahfi, semisal salah satu keutamaannya ialah dapat menghapus dosa dalam seminggu dan seminggu sebelumnya ketika dibaca pada malam dan hari jum'at.


7. Surah yusuf
Yakni surah yang pertanda tentanng fitnah  yang di timpakan kpda nabi yusuf, nabi yusuf merupakn nabi yang  diberikan anugrah ketampanan oleh allah swt. Hingga siti sulaikha memfitnah nabi yusuf dalam cuplikan ceritanya. Salah satu keutamaannya ialah bagi yang menginginkan putra dan putri indah di anjurkan banyak membaca surah yusuf

Baca lebih lanjut keutamaan surah yusuf.


Itulah beberapa surah yang memiliki banyak keutamaan dan manfaat yang popular di amalkan kalangan pesantren nusantra. Baca juga keutamaan membaca al qur'an