Latest News

Keutamaan Membaca Al Al-Quran - Kajian

Muslim dan muslimah membaca al-qur'an ialah hal yang paling sangat dianjurkan oleh nabi. al qur'an ialah kitab yang diturunkan kepada nabi muhammad yakni nabi terakhir diantara beberapa nabi yang salah satunya yang wajib diketahui ada 25.

Merupakan kitab penyempurna dari beberapa kitab sebelumnya yakni kitab Taurat, Zabur, Injil. dipembahasan kali ini akan mengupas beberapa pertanyaan mengenai keutamaan membaca al-qur'an. pertanyaan ini dilatar belakangi oleh sorang sobat yang gres masuk islam.

Maka dari itu akan kami kupas beberapa keutamaan dari membaca al- qur'an. baik dibaca dan dipelajari bagi sobat yang sudah mengerti lebih-lebih yang belum mengerti.
an ialah hal yang paling sangat dianjurkan oleh nabi  Keutamaan Membaca Al Alquran | deruankalbu| Kajian Islam
Gambar: Ilustrasi
Dan tentunya juga merasa miris dengan banyaknya seseorang mengakibatkan al-qur'an sebagai pajangan. 

Bisa sobat temukann al qur'an diatas lemari maupun rak buku atau daerah lainnya dengan kondisi kotor dan berdebu, entah apakah sering dibuka atau tidak namun ketika difikir selain al qur'an sebagai kitab suci pastinya juga ketika sering dibaca tidak memungkin keadaan al qur'an kotor, pastinya rapi dan bersih kalau memang adanya al qur'an sangat dihormati dan sering dibaca. eksklusif saja simak penjelasan dibawah ini.
  • keutamaan membaca al-qur'an setiap ketika dan setiap waktu.
Dikutip dari hadist Nabi SAW." “Sebaik-baik kalian ialah siapa yang memperlajari al-Qur’an dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari). 

Kandungan hadist diatas menunjukkan bantu-membantu al qur'an merupakan wahyu yang diturunkan terhadapat nabi muhammad yang mulia, dan menunjukkan bawasannya al qur'an ialah kitab yang merupakan inti dari pada agama yang wajib dihormati, dan ditelaah kandungannya.

Dalam penjelasan lain jangankan hanya membaca melihat merupakan suatu pahala bagi yang melakukannya.

Selain itu penjelasan yang dikutip dari hadist, “Siapa saja membaca satu aksara dari Kitab Tuhan (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi).

Dapat diambil penjelasan bahwa membaca al-qur'an sangat besar pahalanya dengan membaca satu aksara akan diganti dengan sepuluh kalilipatnya, hal yang perlu diketahui pahala yang dimaksut dilipat gandakan tidak dapat digambarkan semisal anda menggambarkan dengan penjelasan fisik tetapi pahala merupakan metafisik, ibarat apa jadinya hanya allah lah yang maha tahu.

Beigitu juga bagi seseorang yang lihai dan pintar ( lancar dalam membaca) al- qur'an juga sangat besar keutamaannya, yang di maksut lihai yakni membaca sesuai dengan tatacaranya semisal : Makhorijul aksara yang benar, Tajwid, dan bunyi yang merdu. hal tersebut dijelaskan dalam hadist, Sabda Nabi Muhammad saw: 

Perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia hafal dengannya bersama para malaikat yang suci dan mulia, sedang perumpamaan orang yang membaca al-Qur’an sedang ia senantiasa melakukannya meskipun hal itu sulit baginya maka baginya dua pahala.” (Muttafaq ‘alaih). 

  1. keutamaan al qur'an bagi sobat baik orang renta maupun anak kecil ketika mempelajarinya juga sangat banyak dan pahalanya sangat besar dalam hadist Nabi SAW.  
“Siapa saja membaca al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari final zaman mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orang tuanya dua komplemen yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya, ‘bagaimana dipakaikan kepda kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘karena anakmu telah membawa al-Qur’an”. (HR. Al-Hakim). 

Hadist diatas menunjukkan bahwa pahala yang diberikan oleh Tuhan kelak alasannya membaca al-qur'an sangat besar, juga pahala akan mengalir tidak hanya bagi yang membaca tetapi juga terhadap keluarga dan yang lainnya. maka dari itu ketika membaca al qur'an saran jangan pernah lupa untuk menghadiah kan terhadapat sanak kerabat yang sudah meninggal hal tersebut akan menunjukkan ketenangan terhadap andal kubur. silahkan baca dalil yasinan thalilan yang di anggap bid'ah. 
  • Begitu juga dijelaskan dalam hadist “Siapa yang membaca Al-Qur’an dan bederma dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kau terhadap yang bederma dengan ini (al-Qur’an).” (HR. Abu Daud).   
Selain itu ditegaskan Sabda Nabi Muhammad saw: “Bacalah al-Qur’an karena ia akan datang pada hari final zaman sebagai pemberi syafa’at kepada para ahlinya.” (HR. Muslim) Dan sabda dia Nabi Muhammad saw: “Puasa dan Al-Qur’an keduanya akan menunjukkan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat” (HR. Ahmad dan Al-Hakim). 

Hadist lain yang berkaitan dengan diatas. “Tidak berkumpul sauatu kaum di salah satu rumah Tuhan SWT, sedang mereka membaca kitab-Nya dan mengkajinya, melainkan mereka akan dilimpahi ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat, dan disanjungi oleh Tuhan di hadapan para makhluk dan di sisi-Nya.” (HR. Abu Dawud).
  • Membaca al qur'an juga mempunyai keutamaan untuk menyembuhkan penyakit, mulai dari zaman nabi sudha pernah melaksanakan pengobatan dengan membacakan al qur'an terhadap orang yang ditimpa wabah penyakit. “Hendaknya kau menggunakan kedua obat-obat: madu dan Al-Qur’an” (HR. Ibnu Majah dan Ibnu Mas’ud). Pengobatan ala nabi semisal : Ru'yah dan ketika ada salah sobat yang terkena gigitan kala jengking.
Banyak sekali keutamaan membaca al qur'an tidak hanya mengenai penjelasan diatas yang lebih lagi membaca al-qur'an juga dapat mententramkan  jiwa, perasaan yang sedang gundah, susah karena banyak problem dan lainnya mkan kesunnahan-kesunnahan semisal : sholat, dzikir, puasa dan sunnah lainnya. 

 Bahwa Rasulullah saw bersabda: “Siapa yang medengar satu ayat daripada Kitab Tuhan Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat.” 
  • Membaca al qur'an juga akan menunjukkan pangkat yang tinggi (keduduka
    n yang tinggi dalam syurga ) kutipan hadist yang intinya : Dikatakan kepada pembaca al-Qur,an: “Bacalah (al-Qur’an), naiklah (pada darjat-darjat syurga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil didunia. Sesungguhnya kedudukan drajatmu sehingga kadar final ayat yang engkau baca.” (HR. Ahmad).
Semoga artikel diatas dapat membantu sobat sekalian untuk meningkatkan taqwanya terhadap yang kuasa pencipta, dan selain itu biar sobat tidak hanya mengethaui keutamaannya tetapi juga bederma hanya mengingat bahwasannya seorang hamba tidak memiliki apa-apa hidup hanyalah sementara dan sangat sebentar. biar segala amal ibadah kita diterima aamiin.

Keutamaan Membaca Al Al-Quran