Latest News

Metode Psikologi Perkembangan

Metode merupakan bagaimana cara mengatasi suatu permasalahan  semisal dalam proses perkembangan individu. metodenya dapat dilakukan dengan dua cara : yakni pendekatan umum yang mempelajari seluruh proses perkembangan individu mulai dari intelektual, faktor endogen dan eksogen sedangkan pendekatan spesifik yaitu cara-cara khusus  yang dipakai untuk mengetahui gejala-gejala  perkembangan yang sering timbul.
Disini akan dikupas lebih detail lagi perihal 2 metode yang disinggung diatas. agar dapat mempermudah bagi sobat yang ingin mendalaminya. pribadi saja :
  •  Pendekatan umum.
Pendekatan ini dibedakan menjadi 2 kelompok:  pertama ialah kelompok yang menunjukkan lebih banyak data mengenai keseluruhan perkembangan atau beberapa aspeknya kelompok lainnya meninjau apa yang dipengaruhi oleh faktor bawaan atau faktor lingkungan, khususnya faktor kebudayaan. metode umum ini juga dibagi lagi menjadi dua metode:

 a. Metode longitudinal.

Yakni menyelediki individu  dalam kurun waktu yang cukup lama. misalnya mengikuti perkembangan seseornag dari lahir hingga meninggal atau perkembangan pada individu pada masa masa remaja, anak-anak. keuntungan metode ini data yang kita peroleh hampir semua aspek perkembangannya, tetapi kekurangan metode ini sulitnya saat individu yang diselidiki tiba-tiba pindah ataupun meninggal.
Metode tranversal. metode ini juga disebut dengan metode krosesksional ini digunakan untuk meneliti individu  atauu kelompok orang dari tingkatan usia yang berbeda-beda dengan metode ini  kita dapat menemukan gambaran mengenai proses perkembangan individu satu atau beberapa aspeknya. metode ini biasa digunakan untuk meneliti  dari setatus masyarakat yang berbeda-beda.

 b. Metode pendekatan lintas budaya.

Antropologi telah berjasa  dengan menunjukkan bahwa faktor-faktor yang dianggap sebagai faktor  kemasakan, ternyata merupakan hasil pengaruh atau kebudayaan sekitar. menurut Benedict, kardiner dan Mead mengatakan bahwa kemasakan seksual dalam masa dewasa sangat dipengaruhi  oleh perlakuan dan norma-norma  yang ada dalam suatu kebudayaan tertentu. misalkan pada orang Negro dan orang berkulit putih di Amerika.  Penelitian menunjukkan  orang kulit putih  lebih berakal dibanding dengan orang Negro alasannya ialah pengaruh kebudayaan orang negro yang hidup di tempat rendahan dibanding orang kulit putih, walaupun dari segi ekonomi dan tingkat pendidikan yang sama

Simak kelanjutannya dilink berikut:  Metode spesifik

Metode Psikologi Perkembangan