Latest News

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Pada Malam dan Hari Jum'at

Alhamdulillah, akibatnya mampu sharing kembali diblog amalan amalan seputar al qur'an, sebeluumnya sudah dituliskan beberapa keutamaan surat di dalam al qur'an, keutamaan membaca surah Yaasiin, waqi'ah dan lain-nya.

Sekarang saya ingin sharing lagi wacana keutamaan keutamaan yang dimiliki oleh surat al kahfi, yang merupakan surat ke 18 didalam al qur'an.

Semoga diberi keberkahan dalam goresan pena ini. Amiin.

Gambar: Al-qur'anun kariim.
Sebelumnya ingin kami kupas mengenai kejadian yang kerap kali salah difahami oleh kalangan msyarakat ialah bahwa malam jum'at yakni malam atau hari untuk melaksanakan kesunnahan-kesunnahan.

Dengan salah salahnya pemahaman banyak akibatnya yang mengkhususkan malam jum'at sebagai malam untuk membaca atau mencari kesunnahan.

Dengan kesangsian apakah selain hari jum'at tidak disunnahkan mencari atau melaksanakan amal sunnah? dengan begitu tidak diperbolehkan mengkhususkan suatu hari untuk melaksanakan ibadah sunnah.

Dijelaskan dalam hadist Nabi :


لا تخصوا ليلة الجمعة بقيام من بين الليلي ولا تخصوا يوم الجمعة بصيام من بين لايام الا ان يكون في صوم يصومه احدكم

"Janganlah kalian mengkhususkan malam jum'at, mengerjakan sholat dari malam-malam lainnya, dan janganlahlah mengkhususkan siang hari jumat berpuasa dari hari-hari lainnya, kecuali puasa yang biasa dilakukan oleh salah satu kalian semua." ( HR. Muslim, Al-Nasai, Al Baihaqi dan Ahmad.)

Penjelasan hadist di atas dapat kita serap bahwa tidak diperbolehkan mengkhususkan melaksanakan kesunnahan di malam jum'at saja.

Akan tetapi sangat pula dianjurkan membaca atau melaksanakan kesunnahan dilain hari jum'at.
silahkan baca keutamaan membaca Al-Qur'an.

Selanjutnya mari kita beralih lagi pada yang akan dibahas, yakni :

Keutamaan-keutamaan Membaca Surah Al-Kahfi.
Surah Al-kahfi termasuk surah yang diturunkan dikota Mekkah Al-Mukarromah yang terdiri dari 110 ayat didalamnya terdapat keterangan seorang cowok yang bertahun-tahun tertidur dalam Goa.

Surah Al kahfi ini disebut juga Ashabul Kahfi  yang memiliki arti penghuni goa dan masih banyak faedah yang sangat bermanfaat didalamnya yang dapat kita ambil.

Bagi yang membaca dikala malam Jum'at.
Hadist yang menganjurkan membaca surah al kahfi di  hari jum'at.

 " Barang siapa yang membaca Surah Al-kahfi dihari Jumat, maka dajjal tidak mampu memudharatkannya." (HR. Dailami).

1. Bagi yang membaca Surat Al Kahfi dimulai terbenamnya matahari hari kamis hingga terbenamnya matahari hari jumat pembaca  akan di Jauhkan dari fitnah Dajjal yang keji yang muncul hendak hari simpulan zaman tiba.
kemunculan dajjal merupakan tanda akan qiamat Tiba. dijelaskan dalam hadist :
" Dajjal tidak akan muncul sehingga insan melupakannya dan para imam meninggalkan untuk mengingatnya diatas mimbar-mimbar." (HR Ahmad).

2. Bagi yang membaca dihari jum'at Tuhan akan mengampuni dosanya.
Kita sebagai hambanya siapa yang tidak ingin di ampuni dosanya oleh allah dan dimasukkan ke syurganya, maka dari itu mari tingkatkan ketaqwaan kita terhadapnya ialah salah satunya dengan membaca syurat al kahfi untuk menerima ridhonya.

3. Rumahnya akan bersinar dan tidak akan dimasuki syaithon pada malam itu juga. Dan penghuninya akan dijauhkan dari gangguan syaithon yang selalu merayu insan untuk berbuat maksiat.

Selain itu membaca al qur'an khususnya membaca surat al kahfi jiwanya ditenangkan dan segala kesulitan akan dimudahkan.

4.  Selain itu bagi yang membacanya akan memancarkan cahaya dari bawah kakinya hingga kelangit yang akan meneranginya kelak diakhirat.

Kita semua rugi kalau tidak menyempatkan dan menata waktu kita hidup didunia ini, alasannya yakni hidup seakan hanyalah sejengkal, profesi apapun tidak akan menjamin keselamatan kita, maka dari itu mari sempatkan untuk mendekatkan diri  kepadanya.

Semoga cuplikan keutamaan Surah Al Kahfi, dapat memberi barokah bagi kita, dan dapat mengamalkannya dengan istiqomah.

 Untuk sobat yang merasa terbantu dengan goresan pena ini, silahkan tinggalkan komentar yang sopan apabila ada kekeliruan atau ada pertanyaan dari ketidak fahaman sobat silahkan tinggalkan pertanyaannya.

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Pada Malam dan Hari Jum'at