Latest News

(Himbauan) Kriteria Wanita yang Tidak Boleh Dinikahi | Kaji Ini

Alhamdulillah, selamat berjumpa kembali di blog yang membahas seputar kajian islam dan psikologi, kali ini ingin saya paparkan apa-apa yang harus diketahui oleh sobat adzam. apakah itu? Pastinya bagi kaum adam selalu berangan untuk memiliki calon pendamping yang sholeha, namun jangan terlena atas kecatikan yang hanya sekedar tampilan saja, yang terpenting ialah dhzohir dan batinnya yang baik, dan be-rakhlaqul karimah, begitu pula lebih penting yaitu wanita yang takut untuk berma'siat pada allah swt. untuk itu jangan salah pilih dalam menentukan pendamping hidup, kareana hal tersebut merupakan cermin untuk anak cucu kita.

Banyak cara untuk memilih wanita yang dianjurkan oleh para ulama' terdahulu baik dibuku-buku yang sudah dirangkum dan diringkas dan juga dibeberapa kitab-kitab klasik yang menjelaskan perihal kewanitaan, semisal salah satunya yaitu dikitab karya Imam Al-Ghozali yang popular  Ihya' ulumuddin dalam episode Nikah. didalamnya dijelaskan  wacana seputar wanita. salah satunya yakni wanita yang tidak dianjurkan untuk dinikahi. sebagai beling untuk menuntukan calon pendamping. saran untuk para cowok yang masih belum memiliki pasangan jangan selalu berpatokn pada kata " jodoh ada ditangan yang kuasa (Allah)" sebab Takdir allah yang sudah tertulis mampu dirubah yang salah satunya dengan berusaha dan berdoa.

Menurut Iman Al Ghozali kriteria wanita yang tidak dianjurkan untuk dinikahi ada 6 macam kriteria yang sangat mudah ditemukan, jadi laki laki sebelum, mengikat seorang wanita alangkah baiknya jikalau melaksanakan Sholat Istikhoroh meminta petunjuk pada yang maha tau, bahkan sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat istikhoroh. Kriteria wanita yang tidak dianjurkan dinikahi  
  1.  Al Annanah
  2. Al Mannanah
  3. Al Hananah
  4. Al Haddwah
  5. Al Barraqah
  6. As Syaddaqah
Penjelasan :
  1. Al annanah : yakni wanita yang suka mengadu dan mengeluh baik kepada suami maupun terhadap orang tua( pandangan ciri sifat) dan kesiapun itu sifat sifat sering mengadu dan mengeluh akan sering ditampakkan, wanita yang memiliki sifat ibarat ini akan mendatangkan ketidak harmonisan dalam keluarga, dan menguras emosi sang suami hingga mendatangkan, sesuatu yang tidak diinginkan. lebih-lebih  yang di adukan orang renta suaminya. 
  2. Al hannanah: Al hannanah yaitu wanita yang senang menceritakn kejadian burruk  dimasalalu terhadap suami maupun orang terdekatnya  dengan tanpa memikirkan perasaan orang yang didekat. huruf yang ibarat ini, seakan tidak menghargai jasa suami dan tidak punya sopan santun pada suami contoh: menceritakan kenangan dimasalalunya  ketika bersama pacarnya dan terkadang membandingkan dengan suami lebih parahnya, membanggakan salah satu keluarganya dan membesar-besaranya, dalam arti seakan memojokkan keluarga suami terkadang baik dari kekayaan maupun dari profesi. 
  3. Al barraqah : Al baraqqah ialah wanita tipe yang suka dandan berlebihan ( peringatan untuk perempuan) terlebih jikalau tujuannya tidak hanya untuk suaminya, hanya ingin terlihat dikhalayak umum bahwa ia cantik dan berbaju mahal semisal, dan tak hanya itu sifat ibarat ini terkadang lupa akan kedudukan sang suami sebagai kepala keluarga dan imam didalam keluarga, maka tipe yang ibarat ini tidak akan membawa ketenangan terhadap keluarga. dan penjelasan lain yakni wanita yang tidak mau makan dan suka mengurung sendirian tanpa alasan yang jelas, sehingga sulit untuk mencapai keluarga sakinah mawaddah jikalau sang istri ibarat ini. 
  4. Asy Syaddaqah: Asy Syaddaqoh yakni wanita yang banyak bicara dengan tanpa memandang siapa yang dihadapi baik terhadap orang renta suami dan kalangan umum, (nyerocos tanpa ada faidah) wanita ibarat ini ialah wanita yang selalu mengomentari orang lain dan tidak mengoreksi dirinya endiri, bahkan sekalipun dikala orang lain mengalami kesalahantanpa disengaja. maka tipe ini akan menggebu dan tidak enak membisu dikala melihat orang lain lagi senang dan susah sekalipun semisal type ibarat ini selalu ingin mengomentarinya.
Itulah penjelasan wacana kriteria perempuan yang tidak dianjurkan dinikahi, semoga anda dapat menemukan pasangan yang pas untuk anda, namun dalam keluarga ketentraman dan keindahan tidaklah diperoleh dari hal yang mewah saja, kebahagiaan muncul dari seberapa kita mensyukuri pemberiannya. Untuk persoalan ini sebetulnya hanya proposal sebab yang menjadi sopir dalam kluarga ialah suami. maka suamilah yang memiliki tanggung jawab sepenuhnya perbuatan istrinya.

Carilah kelemahannya semoga mudah untuk dituntun kejalan yang lurus, pakailah dengan cara halus untuk mendidik dan menumbuhkan huruf yang baik, ijinkanlah permintaannya namun jangan hingga melewati batas ketentuan dalam berkeluarga. Seumpa pada risikonya tetap saja dan melawan maka terserah anda jikalau memng menurut anda akan masih berubah suatu dikala maka menyerah dan sabarlah mohonkan pada yang kuasa semoga hatinya luluh, sebab makhluk dibumi ini hanya miliknya.

Semoga bagi yang belum memiliki pasangan mampu segera mendpatkan pasangan yang tidak memiliki sifat ibarat diatas aamiim, berakhlaqul karimah, sopan, dan memiliki rasa kasih sayang kepada orang tuanya, dan paling tepat ialah patuh pada suaminya, sebab hak istri sudah beralih pada tangan suaminya. Selain dari pada itu bagi pembaca perempuan yang budiman semoga tidak slah faham atas goresan pena ini, maksut kami berniat baik tidak ada yang memberatkan antara perempuan dan laki-laki. Semoga bermanfaat aamiin.